Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Pengalaman Mendaftar Google Adsense Untuk Blog WordPress

Google Adsense merupakan salah satu layanan yang wajib Anda coba ketika memiliki sebuah blog atau website. Terutama ketika blog atau website Anda memiliki traffic (jumlah pengunjung) yang lumayan banyak. Anda bisa menghasilkan uang berdasarkan penayangan dan klik setiap iklan yang muncul pada website. Pada kali ini saya akan menceritakan pengalaman mendaftar Google Adsense anti gagal khusus untuk blog atau website WordPress

Google Adsense adalah merupakan salah satu layanan gratis dari Google. Google Adsense menyediakan platform bagi para penayang (Publisher) untuk mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan. Semua Iklan yang ditayangkan oleh Adsense dibayar oleh Publisher untuk mempromosikan produk atau jasa yang ingin ditawarkan.

Untuk mendapatkan uang dari Google Adsense tentu saja Anda harus menyiapkan platform untuk menayangkan iklan. Saat ini terdapat 2 jenis platform umum yang bisa digunakan yaitu website atau kanal Youtube. Jika menggunakan website berupa blog, semua iklan Anda bisa tayangkan pada bagian artikel. Kemudian cara lainnya yaitu melalui kanal Youtube. Iklan biasanya ditayangkan pada sela-sela pemutaran video Youtube.

Persiapan Blog WordPress

Hal pertama yang Anda harus siapkan adalah website atau blog dari WordPress. Jika Anda ingin mengetahui cara pembuatan website dengan mudah dapat membaca melalui blog post saya sebelumnya. Anda memerlukan nama domain dan website hosting. Ada banyak penyedia layanan website hosting saat ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah memori yang disediakan dan juga kecepatan server. Dua hal ini akan berpengaruh terdapat performance website nantinya. Untuk layanan website hosting saya sarankan Niagahoster. Anda bisa mendapatkan diskon pembelian jika membeli melalui link afiliasi dan kode kupon di bawah ini.

Kode Kupon : biteofgeek

https://panel.niagahoster.co.id/ref/99560?r=managed-wordpress

Langkah berikutnya adalah desain website atau blog Anda. Hal selanjutnya adalah posting artikel. Usahakan website atau blog Anda memiliki minimal 20 jumlah artikel. Ketika saya mencoba mendaftarkan website ini, jumlah post artikel berjumlah 23. Pastikan Anda juga memiliki halaman atau pages yang memuat mengenai “about us”, “contact” dan “privacy policy”. Anda bisa merujuk isi ketiga halaman tersebut pada bagian footer website ini.

Proses Mendaftar Google Adsense

Beberapa hal sering ditanyakan oleh para blogger ketika ingin mendaftar Google Adsense yaitu terkait dengan usia website. Untuk hal ini memang tidak ada informasi yang jelas bahkan dari Google sendiri. Saya sarankan Anda mendaftar Google Adsense ketika sudah berusia minimal 3 bulan, memiliki jumlah post minimal 20, dan sudah memiliki 3 halaman atau pages terkait pemilik blog, kontak, dan pengaturan privasi.

Jika semua langkah di atas sudah disiapkan, maka langkah terakhir adalah mendaftar Google Adsense. Akun Google adalah hal yang wajib Anda miliki. Untuk memudahkan saya sarankan Anda memasang plug SiteKit pada wordpress. Silakan log in pada Google Adsense, jika sebelumnya Anda sudah mendaftarkan akun Anda pada sitekit pada bagian menu “site” biasanya website Anda sudah terdaftar. Silakan pilih tambahkan website Anda kemudian isi data pelengkap lainnya, seperti alamat tempat tinggal sampai kode pos.

Waktu Tunggu Approval Google Adsense

Contoh Status Approval Google Adsense
Contoh Status Approval Google Adsense

Setelah mendaftar di Google Adsense maka website atau blog Anda akan memasuki tahap review. Hal ini biasanya memakan waktu  maksimal 2 minggu. Jika semua syarat sebelumnya sudah Anda lakukan, biasanya dalam beberapa hari website Anda sudah diterima oleh Google. Untuk website ini, waktu review dari Google hanya memakan waktu selama 5 hari.

Untuk mengetahui jika website atau blog Anda sudah diterima oleh Google Adsense dapat dilihat pada bagian menu “sites”. Jika website Anda masih dalam tahap proses review oleh Google biasanya statusnya adalah “Getting Ready”. Jika status website adalah “Ready” maka selamat Anda sudah diterima oleh Google Adsense dan siap menayangkan iklan.

Penutup

Selain Google Adsense, masih banyak publisher iklan lainnya yang bisa Anda coba. Jika Anda sudah mendapat approval oleh Google Adsense maka langkah selanjutnya adalah menambah konten agar traffic pengunjung bisa bertambah. Anda hanya akan bisa mendapatkan uang jika pengunjung melakukan klik pada iklan ditayangkan. Jadi jumlah pengunjung tentu saja sangat berpengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan dari blog.  


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *