WhatsApp - Photo by Anton from Pexels

Cara Melihat Metadata Foto Dari Aplikasi WhatsApp

Setiap foto digital saat ini pasti memiliki metadata. Ketika Anda melakukan pengambilan gambar baik melalui gawai pintar maupun kamera maka metadata akan tersimpan otomatis pada foto tersebut. Metadata yang umum tersimpan dimulai dari waktu dan tanggal, device, maupun lokasi dalam bentuk koordinat GPS. Metadata photo termasuk salah satu sumber Open-Source Intelligence (OSINT). Sebelumnya saya sudah membahas mengenai metadata foto secara umum. Pada kali ini kita akan membahas mengenai cara melihat metadata foto yang diterima melalui aplikasi WhatsApp.

Exchangeable Image File Format (EXIF) atau yang biasa disebut secara umum adalah metadata pada bentuk foto digital. Metadata mengandung banyak informasi di dalamnya. Dimulai dari waktu dan tanggal pengambilan foto, lokasi dalam bentuk koordinat GPS, model kamera, bahkan kode serial number perangkat yang digunakan. Umumnya ketika Anda mengirim foto melalui aplikasi WhatsApp, maka metadata tersebut akan dihapus. Tetapi ada trik yang Anda bisa gunakan jika ingin mengirim foto tanpa harus kehilangan informasi metadata di dalamnya. Caranya cukup sederhana, ketika Anda ingin mengirim foto, gunakan pilihan “Dokumen” atau file gambar bisa dikompres menggunakan ZIP atau RAR terlebih dahulu.

Cara Melihat Metadata Dari WhatsApp

Pada umumnya ketika Anda mengirim foto pada melalui WhatsApp, metadata akan dihapus dan dikompres agar ukurannya bisa lebih kecil dari aslinya. Sebagai contoh, mari kita melihat kasus di bawah ini. Sebelum itu Anda bisa melihat dan download foto yang saya gunakan untuk testing pada website pexels. Ketika download pastikan anda memilih ukuran asli foto. Anda bisa download foto dengan ukuran aslinya pada bagi bagian tombol drowdown pada tombol “Free Download”.

Anda akan mendapatkan foto dengan ukuran kurang lebih 3MB. Silahkan buka website “Jeffrey Exif Viewer”. Upload foto tersebut kemudian lihat pada bagian “File” dan “ICC_Profile” untuk melihat metadata secara detail. Pada bagian detail Anda bahkan bisa melihat “Profile Date Time” foto tersebut yaitu tahun 1998. Selain waktu terdapat juga data perangkat terakhir yang digunakan untuk pemrosesan foto tersebut.

Bagaimana jika gambar tersebut jika dikirim melalui aplikasi WhatsApp? Hasilnya, banyak metatada yang dihapus. Sebagai perbandingan, Anda dapat melihat gambar di bawah. Pada bagian kiri adalah informasi umum yang berisi metadata lengkap. Kemudian pada bagian kanan merupakan hasil gambar yang telah di kompres oleh WhatsApp. Hal paling menonjol di sini terletak pada ukuran file gambar. Gambar asli memiliki ukuran 2.9MB kemudian, pada foto yang telah diolah oleh WhatsApp memiliki ukuran hanya sebesar 295kB.

Perbandingan Metada Gambar Asli (Kiri) dan WhatsApp (Kanan)
Perbandingan Metada Gambar Asli (Kiri) dan WhatsApp (Kanan)

Cara Mengirim Foto Pada WhatsApp Agar Metadata Tidak Hilang

Lalu bagaimana jika kita ingin mengirim foto agar metadatanya tidak hilang? Ada trik yang bisa Anda gunakan. Biasanya ketika kita mengirim foto, kita akan menggunakan pilihan menu “kamera” atau menu “Foto &Video”. Ketika ingin mengirim gambar tanpa khawatir metadata akan dihapus, Anda harus menggunakan pilihan menu “Dokumen”. Menggunakan pilihan ini dijamin metadata foto tersebut akan aman, karena WhatsApp tidak akan melakukan proses kompresi gambar. Sebagai referensi Anda dapat melihat gambar di bawah ini.

Option Pilihan Foto Pada WhatsApp
Option Pilihan Foto Pada WhatsApp

Penutup

Melihat metadata sebuah gambar atau foto digital memang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Terutama jika Anda adalah seorang praktisi OSINT. Banyak aplikasi saat ini terutama media sosial yang menghapus metadata foto yang kita upload. Hal ini dilakukan agar bisa menghemat ukuran file dan juga menjaga privasi pengguna. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *