Camera - Photo by Kaique Rocha from Pexels

Cara Melihat Metadata Foto atau Gambar dengan mudah (Online)

Tahukah Anda bahwa setiap foto atau gambar digital pasti memiliki metadata. Saat ini sangat mudah kita menjumpai bentuk foto digital. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi digital terutama smartphone. Dengan adanya perangkat pintar saat ini kita dapat mengambil foto atau gambar dengan mudah tidak terbatas oleh tempat atau waktu. Jika Anda adalah praktisi OSINT, maka metadata sebuah foto menjadi sangat penting karena bisa mengandung banyak informasi yang tidak ternilai.

Metadata pada sebuah foto atau gambar digital biasa juga disebut sebagai Exchangeable Image File Format (Exif). Metadata mengandung data yang terdiri dari lokasi pengambilan, model kamera, tanggal pengambilan, sampai pada kode serial number. Untuk melihat data exif sebuah gambar atau foto, Anda bisa melihat langsung pada pengaturan masing-masing kamera atau menggunakan exif viewer baik berbentuk aplikasi atau layanan Online.

Bisa Anda bayangkan betapa banyaknya data yang bisa diambil dari sebuah foto digital. Bahkan Ketika sebuah foto sudah dilakukan proses editing misalnya crop, data exif masih bisa menyimpan thumbnail foto sebelum diubah.

Hal ini berbeda ketika Anda melakukan upload foto pada media sosial seperti Facebook. Facebook biasanya menghapus metadata sebuah foto terlebih dahulu ketika kita melakukan upload.

Metadata pada foto digital

Untuk melihat data exif sebuah foto, Anda tidak bisa menggunakan viewer foto biasa. Anda harus menggunakan aplikasi khusus. Tapi untuk kali ini saya akan membahas melihat data exif dengan mudah dengan menggunakan smartphone atau komputer. Anda tidak perlu melakukan install aplikasi tertentu, yang dibutuhkan hanya koneksi internet karena layanan ini bersifat Online.

Beberapa hal yang harus Anda ingat mengenai data exif. Untuk foto atau gambar yang beredar Online saya tidak bisa menjamin memiliki metadata yang lengkap. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya untuk Facebook biasanya akan menghapus semua metadata untuk foto yang di upload.

Beberapa media sosial seperti Flickr tidak menghapus data exif ketika di upload pada platformnya. Kemudian data exif bisa dimanipulasi atau diubah. Untuk mengubahnya Anda memerlukan software atau aplikasi khusus.

Cara melihat metadata foto secara Online

http://exif.regex.info/exif.cgi

Ada banyak layanan Online di internet yang bisa kita gunakan untuk melihat metadata exif. Salah satu layanan populer dan menjadi favorit saya sejak lama adalah “Jeffrey Exif Viewer”. Menggunakan layanan ini sangat gampang, Anda hanya perlu mengunjungi Link di atas.

Semua layanan pada “Jeffrey Exif Viewer” bersifat gratis dan Anda banyak perlu melakukan upload foto seperti biasa. Sedikit disclaimer, untuk menggunakan “Jeffrey Exif Viewer” beberapa waktu terakhir ini sulit untuk diakses jika tidak menggunakan VPN. Untuk alternatif exif viewer lainnya Anda bisa menggunakan verexif.

Contoh Metadata Exif
Contoh Metadata Exif

Pada gambar di atas, saya menggunakan layanan Online dari “Jeffrey Exif Viewer”. Gambar asli tersebut sebelumnya sudah diproses menggunakan aplikasi GIMP photo editor. Dari hasil metadata exif, tercantum aplikasi editor GIMP, tanggal dan waktu terakhir dilakukan pengubahan, bahkan masih memiliki thumbnail. Jadi, ketika foto tersebut misalnya dipotong(crop), Anda masih bisa melihat keseluruhan gambar sebelumnya walaupun dalam bentuk thumbnail.

Dari riset kecil-kecilan saya dari pencarian keyword pada mesin pencari Google Indonesia, ada beberapa pertanyaan yang menyinggung mengenai melihat data exif. “Cara mengetahui metadata dari foto whatsapp”, “cara mengetahui foto kapan diambil” dan masih banyak lagi.

Jika mendapatkan foto secara Online misalnya melalui Facebook, Whatsapp, atau Instagram bahkan Twitter, maka Anda tidak akan bisa melihat data exif. Aplikasi sosial media biasanya akan menghapus semua metadata sebelum ditampilkan pada publik.

Jadi untuk mendapatkan metadata asli Anda harus mendapatkan foto asli yang belum dilakukan pengubahan sama sekali. Teknik reverse image bisa digunakan untuk mencari gambar lainnya yang kemungkinan masih belum diubah sama sekali.

Hati-hati sebelum upload foto

Mulai sekarang Anda harus mulai waspada jika ingin upload Foto di Internet. Metadata exif bisa mengungkap banyak hal. Misalnya data lokasi tempat pengambilan foto biasanya berbentuk koordinat. Kecuali ketika Anda melakukan upload pada aplikasi sosial media maka tidak perlu khawatir dengan data exif.

Lalu bagaimana dengan menyimpan file pada layanan cloud seperti Google Photo dan Apple Photo? Layanan cloud biasanya tetap menyimpan metadata sebuah foto jadi, Anda harus waspada ketika mengirim sebuah file dari aplikasi ini.

Penutup

Untuk para pengguna digital, saat ini kita sudah harus mulai memikirkan kembali mengenai data privasi pribadi. Sebuah gambar digital dapat memiliki metadata yang bisa menyimpan banyak informasi pribadi. Secara khusus untuk para praktisi OSINT, sebaiknya dilakukan pengecekan lebih lanjut untuk sebuah metadata sebuah gambar terutama yang didapat melalui internet.

Beberapa teknik verifikasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah reverse image. Teknik reverse image membantu kita menemukan sebuah gambar yang sama di internet. Search engine favorit saya ketika melakukan reverse image adalah menggunakan Yandex dan Google. Sebenarnya masih ada banyak tool atau layanan lain yang bisa membantu teknik ini, nanti akan saya bahas di artikel yang terpisah 😊


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *